Gantikan Yuddy Chrisnandi, Inilah Profil Singkat Asman Abnur Menteri PANRB Yang Baru

Presiden RI Joko Widodo telah melakukan reshuffle kabinet kabinet jilid 2 pada (27/07/2016). Salah satu menteri yang diganti adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi yang digantikan oleh Asman Abnur, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).

Gantikan Yuddy Chrisnandi, Inilah Profil Singkat Asman Abnur Menteri PANRB Yang Baru

Mengenal sosok Menteri PANRB yang baru, seperti dikutip dari situs Menpan (31/07), inilah profil singkat Asman Abnur Menteri PANRB yang baru.

H. Asman Abnur, S.E., M.Si adalah seorang pengusaha dan politisi Indonesia. Ia merupakan anggota DPR RI dari Kepulauan Riau. Asman Abnur yang merupakan putra Minangkabau asal Pariaman, lahir dari pasangan H. Aburuddin Hamzah dan Hj. Nurcahya. Ayahnya merupakan seorang pedagang emas di Tanjung Pinang dan Batam.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjananya, Asman Abnur melanjutkan usaha orang tuanya berjualan emas. Dari usaha ini ia kemudian mengembangkan berbagai macam jenis usaha, diantaranya beberapa unit SPBU, sejumlah restoran, apotek, pusat kebugaran, Bank Perkreditan Rakyat Konvensional & Syariah, dan money changer. Karena aktif di dunia usaha, ia pernah memegang berbagai posisi penting, diantaranya Ketua HIPMI Batam dan Ketua Kadin Batam. Kini aktivitas bisnisnya merentang antara Batam, Singapura, dan Jakarta.

Asman Abnur memulai kariernya di bidang politik dengan menduduki kursi DPRD Kota Batam (1999-2004). Ia kemudian menjabat Wakil Walikota Batam, sebelum akhirnya mengundurkan diri karena ingin mencalonkan diri menjadi wakil rakyat di DPR RI. Pada tahun 2004 ia menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PAN (Partai Amanat Nasional). Hingga saat ini ia masih menduduki kursi parlemen mewakili daerah pemilihan Kepulauan Riau. Di DPR RI ia pernah menjabat sebagai Ketua Komisi X dan Ketua Panitia Kerja (Panja) BUMN.

Selain aktif di dunia bisnis dan politik, Asman Abnur juga terjun mengurusi urusan sosial-keagamaan. Di Batam, ia membangun Masjid Jabal Arafah (MJA) serta tempat wisata religi MJA Tower setinggi 58 meter. Ia menikah dengan Zas Juniarti dan dikaruniai dua orang anak.

Asman Abnur lahir di Padang Pariaman, Sumatera Barat, 2 Maret 1961. Saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI Fraksi PAN Masa jabatan 1 Oktober 2004 – 1 Oktober 2019. Sebelumnya, Asman Abnur pernah menjabat sebagai Wakil Walikota Batam ke-1 Masa jabatan 2001 – 2004.

Suami Zasjuniarti dan ayah dua anak ini lulus SMEA Tanjung Pinang (1979), D3 FE Akutansi Universitas Andalas, Padang (1983), S1 FE Universitas Ekasakti, Padang (1990), S2 Magister Sains (Msi) Universitas Airlangga, Surabaya (2004).

Terima kasih telah membaca Gantikan Yuddy Chrisnandi, Inilah Profil Singkat Asman Abnur Menteri PANRB Yang Baru