Pendaftaran Peserta Ujian Nasional (UN) 2017

Ujian Nasional (UN) tetap dilaksanakan pada tahun 2017 atau pada tahun ajaran 2016/2017. Sehubungan dengan ujian nasional (UN) dan pendaftaran bagi siswa calon peserta ujian nasional (UN) 2017, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Balitbang Kemdikbud) telah menerbitkan surat yang memuat tentang pendaftaran peserta ujian nasional (UN) 2017. Surat tersebut tertuang dalam Surat Kepala Balitbang Nomor : 0204/H/EP/2017 tertanggal 11 Januari 2017 tentang Pendaftaran Peserta Ujian Nasional (UN) 2017. Surat ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Propinsi, Kepala Kantor Wilayah Propinsi Kementerian Agama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota serta Kepala Kantor Kabupaten/Kota Kementerian Agama seluruh Indonesia.

Pendaftaran Peserta Ujian Nasional (UN) 2017

Berdasarkan surat Kepala Balitbang tersebut, berikut mengenai Pendaftaran Peserta Ujian Nasional (UN) 2017.

Menindaklanjuti hasil rakor Ujian Nasional (UN) tanggal 22 Desember 2016, dengan ini kami mohon seluruh dinas pendidikan dan kantor wilayah Kementerian Agama untuk segera meminta sekolah/madrasah untuk memperbaharui data peserta didik pada kelas akhir SMP/MTs/sederajat maupun SMA/MA/SMK/sederajat yang akan mengikuti Ujian Nasional.

Khusus untuk SMA/MA, setiap siswa diminta untuk memilih satu mata pelajaran yang akan ditempuh sesuai dengan jurusan/peminatan siswa, selain mata pelajaran wajib UN (Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris). Mata pelajaran jurusan/peminatan yang dapat dipilih adalah sebagai berikut :
  1. Jurusan/peminatan IPA: Fisika, Kimia, atau Biologi
  2. Jurusan/peminatan IPS: Geografi, Sosiologi, atau Ekonomi
  3. Jurusan/peminatan Bahasa: Antropologi, Sastra Indonesia, atau Bahasa Asing (Mandarin, Jepang, Arab, Jerman, atau Perancis)

Setelah diperbarui mohon data diunggah ke laman biounsmp.kemdikbud.go.id dan biounsma.kemdikbud.go.id paling lambat tanggal 25 Januari 2017.

Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami menyampaikan terima kasih.

Unduh surat pendaftaran peserta ujian nasional (UN) 2017 pada tautan di bawah ini.

Pendaftaran Peserta Ujian Nasional (UN) 2017

Terima kasih telah membaca Pendaftaran Peserta Ujian Nasional (UN) 2017